Yes, I Can Do It!


Emang nggak enak banget loh yang namanya diremehkan. Siapa juga yang mau diremehkan. Mungkin, misalnya ketika lo dihadapkan sama suatu peristiwa atau kejadian di mana lo merasa bisa melakukannya tapi ada seorang teman atau siapa saja udah menjudge lo kalau lo nggak bisa. Padahal lo merasa bisa melakukannya. Pasti jengkel lah ya. Apalagi kalau ngomongnya di hadapan banyak orang. Selain berasa diremehkan, lo juga pastilah merasa malu. Muncul perasaan kalau lo nggak berguna banget.

Lagian orang tersebut sok tahu banget ya. Merasa paling tahu segalanya. Kalau gue sih prinsipnya, gue nggak apa-apa dibilang bego, bodoh atau apalah semacamnya dari pada gue dijudge sotoy atau sok tahu. Kalau memang gue nggak bisa atau nggak tahu ya apa adanya saja, gue memang nggak bisa dan gue memang nggak tahu. Jadi, di kemudian hari, lo bisa pakai hal tersebut sebagai cambuk untuk terus belajar dan tahu banyak hal sehingga lo nggak bakal diremehkan lagi.

Tapi, tenang saja, apa pun yang terjadi sama lo, lo sebaiknya teruslah berpikir positif. Ya, menyebalkan, tapi tinggal lo saja yang mengubah sudut pandang. Bisa miring, bisa lurus, bisa gila deh. Hahaha. Kalau maksud dari orang tersebut memang demi kebaikan lo.

Anggap saja itu sebagai motivasi. Mungkin bisa saja itu kenyataannya kalau lo memang benar-benar nggak mampu melakukannya. Nah, cara mengatasinya, ya lo buktikan kalau lo bisa melakukannya. Lo buktikan kalau anggapan orang yang telah menjudge lo itu salah. Bisa jadi orang yang telah menjudge lo atau orang yang telah meremehkan lo itu pernah melihat kesalahan lo dan dia berkesimpulan kalau lo memang nggak becus dan nggak bisa diandalkan. Dengan membuktikan hal tersebut, bisa jadi orang yang telah menjudge lo cuma bisa gigit jari dan akhirnya berpikir kalau lo nggak seperti yang dia bayangkan. Berbuat salah itu manusiawi banget kan. Siapa sih yang nggak pernah melakukan kesalahan? Tapi lo ingat, Ketika lo melakukan kesalahan tapi lo nggak memeperbaiki kesalahan itu, berarti lo melakukan kesalahan lagi. Nggak nyadar? Kasian deh lo!

Yang bisa lo lakukakan adalah menimbulkan kesan positif dan yakin bisa melakukannya. Lo dihadapkan sama sebuah tugas atau pekerjaan. Lo harus yakin kalau lo bisa menyelesaikannya dengan baik. Lo harus masang tampang yang meyakinkan lah pastinya. Ada pepatah yangb mengatakan, “Don’t judge book by it’s cover,”Β tapi toh pada kenyataanya, orang lebih banyak akan menilai luarnya dulu, baru mendalaminya. Misalnya, ada dua orang cowok, satu kurus dan yang lainnya berbadan besar, diberi tugas untuk mengangkat Galon. Siapa pun yang melihatnya atau menyaksikan kejadian ini, pasti akan memilih cowok berbadan besar untuk melakukan tugas itu. Outfit cowok berbadan besar lebih menjanjikan untuk bisa mengangkat Galon. Maka dia akan terpilih langsung untuk melakukannya. Meskipun pada kenyataannya, cowok berbadan kurus pun sebenarnya mampu melakukannya atau bahkan bisa saja sebaliknya.

Jadi, yang terpenting dan pertama lo lakuin adalah selalu tampil meyakinkan kalau lo bisa melakukannya. Masalah hasilnya itu urusan belakangan. Lakukan yang terbaik. Kalau pun lo melakukan kesalahan, tak mengapa, toh semua orang bisa saja salah, asal lo mau memperbaiki kesalahan lo dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi πŸ™‚

Ya nggak sih?

Ya, dooooooongggg!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: