ASEAN Blogger Community #FKMA2013


Berawal  dari undangannya Maz Mo (Sebenarnya sih Mas Mo tapi karena katanya doski udah Go International makanya ganti nama jadi Maz Mo, pake zet!) beberapa waktu lalu yang katanya bakal ada semacam pertemuan para blogger yang ada di Mataram gitu deh, saya akhirnya mengikuti acara yang ultra-mega-super-duper-hyper-fun!!! Benar-benar fun dan banyak banget ilmu yang saya dapat dari pertemuan itu. Terimakasih banget buat Maz Mo yang emang sering banget ngajakin kumpul atau ngajakin ikut semacam gathering seperti ini dan ini udah yang kesekian kalinya #BowDown.

Dan ternyata acara tersebut adalah acara Komunitas Blogger dan merupakan bagian dari acara Festival Keraton dan Masyarakat Adat (FKMA) se-Asia Tenggara  yang akan di laksanakan pada 25-28 Oktober 2013. 100 Keraton se-Asia Tenggara dan Indonesia bakal ngeramein festival tersebut. Seru? Pastinya. . Festival ini bakal diisi sama berbagai kegiatan, kayak konferensi para raja serta pemangku adat, festival kuliner, pameran, serta pentas seni. Festival Keraton tersebut paling nggak bisa mendorong tumbuhnya rasa kebersamaan sebagai sebuah masyarakat ASEAN. Sebab, negara anggota ASEAN kan punya kesamaan dalam beberapa bentuk kebudayaan kayak  tarian dan makanan.

Saya dan Surya Putra W. Teteup eksis :P

Saya dan Surya Putra W. Teteup eksis 😛

Selain itu juga acara ini bisa menunjukan adanya kepedulian dan partisipasi dari masyarakat khususnya para raja atau sultan dan pemangku adat untuk mewujudkan Komunitas ASEAN 2015.  Karena keberadaan keraton dan pemangku adat  katanya masih belum memiliki pengaruh dalam masyarakat.

Dan pada akhirnya, Festival Keraton dan Masyarakat Adat Asia Tenggara ini diharepin banget bisa ngebentuk peran keraton dan masyarakat adat dalam mendorong identitas ASEAN lewat pengenalan seni tradisional dan budaya serta interaksi perorangan.

Oke, itu sekelumit gambaran tentang acaranya secara umum.  Seminar dan sosialisasi Komunitas Blogger  ASEAN 2015 ini dihadiri oleh  Bapak Bagas Hapsoro dari kemenlu dan Ibu Ajeng dari ASEAN Blogger sebagai narasumber yang dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2013. Acaranya seru banget. Banyak ilmu yang bisa kiita ambil dari narasumber serta diskusi-diskusi berikut  pertanyaaan –pertanyaan yang dilontarkan beberapa teman saat itu. Acaranya sendiri santai dan nggak ribet bahkan bisa sambil makan-makan snack yang udah disediain.  Program ini  sendiri bertujuan buat memberikan kontribusi melalui tekhnologi informasi dalam pembentukkan Komunitas ASEAN 2015. Ibu Ajeng, yang juga menjabat sebagai  sekjen ASEAN Blogger banyak berbagi tentang suka dukanya sebai blogger di sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga dan sebagai dosen fakultas kedokteran di UI. Wih…hebat Ibu Ajeng XOXO. Selain itu juga banyak dijelasin betapa pentingnya peranan social media seperti Twitter, Facebook terutama Blog di zaman sekarang ini yang bisa kita pakai untuk membangun sebuah kekuatan untuk menyuarakan pendapat kita tentang suatu hal serta share info-info penting yang terjadi di sekitar kita atau bahkan bisa menghasilkan benefit kalo kita mampu memanfaatkannya secara maksimal. Khusunya di Lombok, Ibu Ajeng dan Bapak Bagas banyak menyarankan agar kita sebagai warga Lombok juga harus lebih gencar berpromosi melalui media social tentang pariwisatanya yang memang saat ini sedang naik daun dan menjadi buruan para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Ibu Ajeng, Mbak Key dan Bapak Bagas Hapsoro

Ibu Ajeng, Mbak Key dan Bapak Bagas Hapsoro

Pada kesempatan itu juga, Bli Ari Diatmika yang juga merupakan admin dari @infolombok di Twitter membagikan 2 buah buku “Dong Ayok Ke Lombok” kepada Ibu Ajeng dan Bapak Bagas sekaligus menceritakan sekilas tentang komunitas ON|OFF Lombok yang telah banyak banget berkontribusi menyebarkan informasi terutama dalam hal promosi wisata yang ada di Lombok. Yay. Keren!!! #Excited

Bli Ari Diatmika yang juga merupakan admin @infolombok di Twitter

Bli Ari Diatmika yang juga merupakan admin @infolombok di Twitter

Ada banyak hal yang bisa kita ceritakan, bisa kita share tentang sebuah kejadian atau peristiwa yang terjadi di suatu tempat. Salah satunya melalu blog. Tinggal bagaimana kitanya aja memaksimalkan sarana yang tersedia seperti contohnya jejaring social mulai dari Twitter, Facebook dan Blog. Di era globalisasi sekarang ini informasi sekecil apapun begitu gampangnya tersebar luas ke penjuru dunia. So, what are you waiting for? Let’s share it, Let’s start blogging dan ingat, semenarik apapun pengalaman kamu kalo nggak kamu share atau ceritakan maka akan berakhir sebagai pengalaman belaka…belaka…belaka…belaka…. *ceritanya echoing *diulang-ulang biar dramatis *quote siaran saya di radio 😛

Foto bareng sama semua peserta seminar. Saya yang mana ya? :P

Foto bareng sama semua peserta seminar. Saya yang mana ya? 😛

Semoga acara-acara seperti akan terus diadakan karena bisa ngasi dampak positif kepada teman-teman dan tentunya menularkan kreatifitas kepada teman-teman lainnya. Keep blogging ;)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: